-->

Senin, 31 Agustus 2009

3 Strategi Menjaring Pengunjung

Pengunjung adalah prospek, pengunjung adalah ladang uang anda. Apapun yang anda kerjakan di bisnis internet, pengunjung menjadi faktor penting pendorong kesuksesan anda.
Terlebih jika pengunjung itu kian akrab dengan anda sampai kemudian menjadi teman. Mereka bisa menjadi calon pembeli anda. Mereka bisa menjadi pendukung bisnis anda. Mereka juga bisa memberikan masukan pada diri anda. Tanpa mereka, bisnis anda tidak ada artinya. Karena itu pernah saya katakan, teman adalah aset yang tak ternilai. Tanpa mereka, produk anda sulit menapaki predikat best seller.
”Tapi, bagaimana caranya? Apalagi saya masih belum begitu paham bisnis internet.” Pertanyaan seperti ini mungkin datang pada diri anda. Saya dulu juga demikian. Tapi jangan khawatir. Jawabannya bisa anda temukan di bawah ini.
1. Buat squeeze page.
Terutama bagi anda yang bergelut di bisnis internet, sangat saya sarankan dalam situs web anda memiliki squeeze page. Anda bingung apa itu squeeze page? Tanpa perlu menjelaskannya panjang lebar, silakan anda buka www.FormulaBisnis.com.
Setelah halaman pertama terbuka, lalu lihat di pojok kiri atas. Nah itulah yang disebut dengan squeeze page. Dengan squeeze page, anda bisa mengumpulkan nama dan alamat email mereka. Biar mereka mau mengisinya, buatlah squeeze page sebagus dan semenarik mungkin. Pikirkan dengan cermat tentang desain dan copy letternya. Juga, jangan lupa…
  • Buat headline yang memikat. Agar mereka tertarik untuk mengisinya.
  • Tampilkan dalam bentuk list (bullet points). Supaya mereka lebih mudah untuk mengisinya.
  • Berikan hadiah gratis bagi yang mau mengisi. Misalnya seperti e-book. Di www.FormulaBisnis.com ada e-book gratis ”14 Kesalahan Bisnis Internet dan Cara Mendobraknya”.
Dalam squeeze page, akan lebih baik jika anda mencantumkan pula batas waktu untuk mendapatkan hadiah. Agar pengunjung tak berlama-lama berpikir untuk mencantumkan nama dan alamat email mereka.
2. Buat Artikel tentang Bisnis anda
Buatlah artikel-artikel yang berkaitan dengan bisnis anda. Hal ini bisa menunjang situs web anda. Yang perlu diperhatikan, artikel anda harus bermanfaat bagi pembaca dan disampaikan dalam bahasa yang mudah dicerna. Jelasnya, anda bisa baca tips lainnya di rahasia posting efektif. Serta pastikan di bagian bawah artikel ini anda mencantumkan link menuju squeeze page. Saya yakin, dengan rutin memposting artikel, setidaknya 2-3 artikel setiap minggu, anda akan kebanjiran banyak pengnjung.
3. Beriklan
Cara berikutnya, anda bisa beriklan. Beriklan tetap menjadi salah satu strategi terbaik menjaring pengunjung. Saat awal ngeblog, saya pun beriklan di beberapa situs web. Hasilnya cukup bagus. Begitupun dengan saya lakukan untuk www.Formula.Bisnis.com. Meski sudah populer, saya tetap beriklan untuk menjaga dan menjaring pengunjung baru.
Dengan beriklan, peluang untuk mendapat pengunjung selalu terbuka. Yang penting, ketika anda bermaksud beriklan, pastikan trafficnya tempat anda beriklan itu cukup tinggi. Perhatikan pula efektifitasnya. Kalau pengunjung yang anda dapatkan dari total pengunjung situs tersebut mencapai 10 - 20%, maka iklan anda berhasil. Kalau tidak, selain perlu anda lihat format iklan anda, perlu pula mempertimbangkan berpindah tempat beriklan.
Mudah kan untuk menjaring pengunjung? Mereka yang tertarik dengan yang anda tawarkan, pasti dengan suka rela akan datang dengan sendirinya untuk menyerahkan alamat emailnya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR