-->

Senin, 23 November 2009

Pesawat Sederhana

Pengertian: Pesawat sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan usaha.
Ada 4 jenis pesawat sederhana (yang cuma win tau, hehe) yaitu:
a) Tuas
Disebut juga pengungkit. Sistem kerja tuas terdiri dari beban, titik tumpu dan kuasa. Berdasarkan posisi bagian-bagian sistem kerjanya, tuas dibagi menjadi 3 yaitu:
1) Tuas jenis pertama yaitu letak titik tumpu berada di antara beban dan kuasa.
2) Tuas jenis kedua yaitu beban terletak di antara titik tumpu dan kuasa.
3) Tuas jenis ketiga yaitu kuasa berada di antara titik tumpu dan beban.

b) Bidang Miring
Merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang dipakai untuk memindahkan barang ke tempat yang lebih tinggi, misalnya untuk memindahkan sebuah drum dari atas tanah ke atas mobil.

c) Katrol
Sebuah roda yang sekelilingnya diberi tali dan dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia. Seperti tuas, katrol juga memiliki titik tumpu, kuasa dan beban. Berdasarkan rangkaiannya katroldibagi atas 2 yaitu katrol tetap dan katrol bergerak.
d) Roda Gigi
Ng...gak tau neh. Ya setau Alvi, kalo roda gigi ini bisa ditemukan di sepeda,jadi roda gigi itu salah satu fitur di sepeda yang bisa bikin sepeda jalan. Mungkin pesawat sederhana yang satu ini dipakai buat macam-macam benda lain tapi Alvi gak tau. Beneran speechless. Sori ye...

Ok, segitu aja dah. Mohon maap karena penjelasannya teteup singkat n' kurang detail...mohon dimaklumi yah. Semoga bermanfaat buat kalian cemua.
winarno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR