-->

Minggu, 30 Mei 2010

Interaksi antara benda-benda bermuatan listrik

Berdasarkan teori atom, kamu mendapatkan pemahaman bahwa muatan listrik tidak hanya satu jenis, melainkan dua jenis, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Lakukan Kegiatan 2 untuk mempelajari interaksi benda-benda bermuatan listrik sejenis dan yang tak sejenis.

Kegiatan 2
Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
Alat dan bahan
Ø penggaris plastic
Ø kain sutera
Ø batang kaca
Ø statif
Ø kain wool
Ø benang

Cara kerja
1.     Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif. Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik kedua dengan kain wool.
2.     Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastic yang digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil pengamatanmu.
3.     Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok dengan kain sutera.
4.     Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastic yang digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera. Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.

Analisis dan diskusi
1.     Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain wool? Jelaskan.
2.     Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
3.     Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
4.     Buat kesimpulan dari hasil kegiatanmu.


Berdasarkan Kegiatan 2, kamu dapat mengamati bahwa jika dua penggaris plastik yang telah digosok dengan kain wool saling didekatkan, ternyata penggaris plastik
tersebut saling tolak-menolak. Gejala serupa dapat kamu amati, jika dua batang kaca yang telah digosok dengan kain sutera didekatkan, ternyata juga saling tolak-menolak.
Kamu dapat dengan mudah menyatakan, karena kedua penggaris plastik tersebut digosok dengan kain yang serupa, tentu saja muatan yang terdapat pada penggaris plastik tersebut sejenis. Demikian juga halnya dengan kedua batang kaca, pastilah memiliki muatan sejenis karena digosok dengan benda yang serupa. Hasil pengamatanmu ternyata menunjukkan bahwa benda-benda yang bermuatan listrik sejenis akan tolak-menolak, atau dapat disimpulkan lebih lanjut muatan listrik sejenis tolak-menolak, Bagaimana hasil ini jika dikaitkan dengan keberadaan atom-atom penyusun penggaris plastik dan batang kaca? Ketika penggaris plastik tersebut digosok dengan kain wool, elektronelektron dari kain wool berpindah ke penggaris plastik, sehingga penggaris plastik tersebut bermuatan listrik negatif. Sebaliknya, ketika batang kaca digosok dengan kain sutera, elektron-elektron pada batang kaca tersebut berpindah ke kain sutera, sehingga batang kaca bermuatan positif. Akibatnya, antara penggaris plastik dengan batang kaca terjadi tarik-menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR