-->

Minggu, 01 November 2009

Bagaimana Menjawab Komentar dengan Tepat?

By winarno
Memiliki blog tak beda jauh dengan hidup bertetangga. Hidup berdampingan, saling tegur sapa, saling tanya kabar, saling bantu, dan sebagainya. Boleh dikata dengan punya blog, kita melatih sifat diri kita sebagai makhluk sosial.
Apalagi jika kita mendambakan blog kita merenggut kesuksesan. Sudah pasti berhubungan dengan blogger lain bukan lagi sebatas kewajiban, tapi sudah menjadi KEBUTUHAN. Karena tanpa berhubungan dengan blog lain, sulit blog kita bisa berkembang.
Hubungan dengan blogger lain pun harus terus-menerus dijaga dan ditingkatkan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan saling bertegur sapa. Lewat komentar, kita bisa sampaikan pertanyaan, pikiran, pandangan, atau saran kita terhadap blog lain.
Akan tetapi kadang kita sering lupa melakukannya. Mungkin karena kita terlampau asyik berkutat dengan hal-hal teknis dalam diri blog kita. Seperti memperbaiki tampilan atau menambah fitur-fitur baru.
Inilah kalau boleh saya sebut sebagai salah satu kesalahan terbesar dalam ngeblog. Karena dengan menarik diri dari pergaulan ngeblog, pasti blog kita tak bakal pernah merangkak maju. Tak akan pernah ada yang tahu kalau kita punya blog. Tak ada yang pernah tahu keahlian dan kemampuan kita. Dan otomatis juga tak akan pernah ada yang mau melirik apapun yang kita tawarkan.
Saya tegaskan lagi…Tak ada blog yang bisa hidup sendiri, kecuali ia menginginkan kematiannya sendiri. Lihat dan bergeraklah ke luar blog anda. Jalin hubungan dengan blogger lain. Dengan begitu anda betul-betul menginginkan blog anda mencapai kesuksesan. Karena sebetulnya setiap blog punya kesempatan yang sama terhubung dengan jaringan raksasa blog lainya di seluruh dunia.
Kalau blog kita kemudian sudah banyak terhubung dengan blog lain dan sudah banyak dikomentari, kita perlu menindaklanjutinya. Baik dengan dengan menjawab pertanyaan atau menanggapi saran. Agar sapaan mereka tidak bertepuk sebelah tangan.
Nah, untuk menjawab komentar, ada sejumlah kiat yang perlu anda perhatikan.
1. Pahami komentar yang ingin anda respon. Pastikan anda mengerti apa yang disampaikannya. Baik mengenai maknanya maupun nada penyampaiannya. Sebab kalau salah memahami maksud sebuah komentar bisa menimbulkan kesalahpahaman. Ujung-ujungnya membuang energi yang tak perlu karena harus membuat emosi naik-turun. Untuk menghindarinya, jika perlu baca berulang kali komentar yang ingin anda tanggapi agar paham maksudnya.
2. Balas dengan kepala dingin. Sekalipun mungkin sebuah komentar bernada pedas dan bikin hati tak enak, jawablah dengan pikiran jernih dan hati yang tenang. Selalu bayangkan itikad baik si pemberi komentar. Tetaplah berpikir positif. Yakinlah pemberi komentar hanya menginginkan kemajuan blog kita. Ibarat jamu, komentar yang pahit bisa membuat blog kita sehat.
3. Fokus terhadap isi komentar. Jawab dan tanggapi sesuai dengan yang ditanyakan. Hindari menjawab di luar isi komentar.
4. Pilih cara menjawabnya. Anda bisa menjawabnya lewat email, atau melalui blog pemberi komentar, atau melalui blog anda sendiri. Menjawab lewat email bisa untuk hal yang sangat spesifik atau kasuistik serta mungkin tak perlu diketahui banyak orang. Menjawab ke blog pemberi komentar bila memang dirasa lebih cocok untuknya serta pembaca blognya. Dan bisa pula dijawab di blog anda sendiri bila isinya sesuai untuk konsumsi pengunjung blog anda. Tentu jalur yang anda putuskan tempuh sangat bergantung dengan isi komentarnya.
Nah, itu kira-kira yang bisa anda lakukan dalam menjawab komentar. Kalau blog anda memiliki komentar yang sangat banyak, tentu anda akan kesulitan menjawab setiap komentar yang masuk. Karena itu akan banyak menguras waktu anda.
Pilih saja komentar yang kira-kira sesuai konteks yang anda tulis dan menjadi pertanyaan banyak orang. Namun kalau blog anda masih kekurangan komentar, anda bisa pancing mereka untuk berkomentar.
Ok sekian dulu. Berikutnya kita bahas hal-hal lain yang tak kalah menarik dan berguna seputar blog. Oh ya kalau boleh saya tanya, seberapa sering anda memberi dan menjawab komentar?
SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI:
http://www.investama.biz/?id=CEPETKAYA
jika ada hal kurang jelas hubungi:
Telp/SMS : 0852 676 10851 (winarno)
Email : unikrez@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR