-->

Senin, 02 November 2009

Marketing Jalanan: Mungkinkah untuk Bisnis Internet?

By winarno
Kebanyakan bisnis di internet mengandalkan internet itu sendiri sebagai jalur marketingnya. Baik lewat yang disebut dengan viral marketing, email marketing, social media marketing, blog marketing, dan segala jurus internet marketing lainnya.
Namun, mungkinkah bila bisnis internet ikut merambah jalur promosi non-internet atau offline?
Mengapa tidak? Sebelumnya saya sempat membahas ini dalam posting Inilah 10 Aktivitas dan Promosi Offline Efektif untuk Mendorong Kesuksesan Bisnis Internet Anda yang berisi cara-cara berpromosi offline.
Namun bukan teknik promosi offline tersebut yang ingin saya ulang, melainkan hal yang lebih mendasar yaitu tentang marketing jalanan (street marketing). Marketing jalanan atau street marketing yaitu marketing yang dilakukan langsung di hadapan prospek atau calon konsumen. Marketer mendatangi prospek, bisa dari rumah ke rumah atau mencegat prospek yang sedang lalu-lalang , dan melakukan penawaran langsung di hadapan konsumen.
Contoh, kalau saat bulan puasa seperti ini, di pinggir jalan raya mudah anda temui para remaja yang menawarkan sajian buka puasa. Kalau di mal, anda mungkin sering ditawari aplikasi kartu kredit. Kalau di rumah dan anda kedatangan tamu tak dikenal berpenampilan rapi, anda kemudian menduganya sebagai sales. Itulah beberapa contoh marketing jalanan.
Kekuatan jenis marketing ini terletak pada penyampaian pesan marketing secara langsung kepada prospek. Tanpa harus lewat medium apapun seperti dalam iklan di koran, televisi, radio, maupun internet. So pasti dengan begitu marketer akan bisa melihat langsung tingkat ketertarikan prospek. Calon konsumen pun bisa bertanya langsung bila ada hal yang tidak dipahaminya.
Sejumlah bisnis di internet yang saya amati, baik secara sadar, sungguh-sungguh maupun tidak, telah menggunakan konsep marketing jalanan ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat didatangi seseorang yang menawarkan sebuah bisnis pulsa yang cukup terkenal di internet.
Bu Titik pernah berhasil mengenalkan temannya pada formulabisnis secara offline. Saat masih belum mengenal baik FormulaBisnis, Mr Mung sempat bertanya kepada rekan-rekannya lewat obrolan secara offline. Sayang belum ada yang bisa menjelaskannya lebih jauh. Mas Hafid Suhadak mengenal Formula Bisnis dari Mas Toufan Widhi Hatmoko, dan banyak lagi contoh-contoh lainnya.
Betul… kebanyakan street marketing yang dilakukan di bisnis internet, dilakukan oleh mereka yang minimal sudah mengenal baik si prospek. Namun bukan tidak mungkin, di kemudian hari anda juga akan mendapati mereka yang menawari anda bergabung dengan Formula Bisnis dan Rahasia Blogging adalah para sales promotion girl (SPG) dan sales promotion boys (SPB) yang berpenampilan menarik.
Kalau menurut anda, mungkinkah marketing jalanan dijalankan untuk bisnis internet?
SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI:
http://www.investama.biz/?id=CEPETKAYA
jika ada hal kurang jelas hubungi:
Telp/SMS : 0852 676 10851 (winarno)
Email : unikrez@gmail.com
Salam ACTION!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR